Buku Harian Mamomil-Seputar Profesi Bidan di Prancis

Seperti kehamilan yang pertama, kali ini pun kami memilih bidan sebagai sarana konsultasi setiap bulannya. Sebenernya agak janggal dengan kata ‘memilih’ karena disini profesi bidan sangat umum,  wajar, dan lazim sebagai tempat konsultasi Ibu hamil dibandingkan dengan Gynecologist, tapi memang semuanya kembali lagi pada pilihan masing-masing Ibu.

Lazimnya, Gynecologist adalah tempat berkonsultasi jika dalam kondisi kehamilan dirasa tidak biasa,  seperti adanya kista, miom, atau kondisi medis yang membutuhkan diagnosis lebih detil.

Dalam profesi bidan sendiri pun dikenal istilah bidan mandiri (atau disini disebut bidan liberal)  yang artinya, mereka tidak terikat dengan klinik bersalin.  Mereka membuka praktek sendiri tetapi tidak dapat melayani persalinan di tempat praktek tersebut, karena sejak tahun 2001 persalinan seperti ini sekarang dilarang oleh pemerintah. Sebabnya apa? Sayangnya saya belum sempet melakukan research yang lebih dalam. Nanti, kalau research dan bacaannya sudah lengkap mungkin akan saya tulis disini

Kembali ke soal bidan, sejak dilarangnya La maison de la Naissance (klinik bersalin mandiri) bukan berarti semua bidan mandiri bersedia melakukan persalinan di rumah, hanya sedikit sekali (di Paris) yang bersedia, (kalaupun ada dari yang sedikit ini kebanyakan mereka tidak dapat melayani persalinan di tempat yang terlalu jauh). Waktu saya tanya ke bidan tempat saya berkonsultasi, jawabannya adalah: karena tidak adanya asuransi dari manapun untuk membayar ganti rugi jikalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan oleh kedua belah pihak. Kalaupun ada perusahaan asuransi yang mau membayar ganti rugi tersebut, premi per tahunnya sekitar 30,000 euro. Jelas, nominal tersebut jauh sekali dari pendapatan seorang bidan mandiri per tahunnya. Tapi, tidak sedikit juga beberapa bidan yang membentuk rumah bersalin bersama-sama (bukan pribadi) dan melayani persalinan alami dengan metoda water birth atapun konvensional.

Sekian tentang profesi bidannya, buat saya pribadi saya punya pengalaman dengan dua tipe bidan di atas, yang bekerja terikat dengan rumah sakit ibu dan anak, yang mandiri tapi tidak melayani persalinan mandiri, yang mandiri dan membentuk rumah bersalin bersama, dan sekarang dengan bidan mandiri yang melayani persalinan di rumah. Untuk saya dan suami, mereka tetaplah seorang bidan (tanpa embel-embel status), seorang malaikat tanpa sayap yang bekerja dan melayani para calon ibu, memberi dukungan moril tanpa lelah ketika persalinan dan (lazimnya) mendengarkan keluh kesah dan kekhawatiran para calon ibu. Ngga heran sih, dari linguistik, dalam bahasa Prancis bidan adalah sage-femme yang ‘mejiknya’ kalau ditranslasikan secara langsung, sage-femme juga berarti wanita bijaksana dalam bahasa Indonesia

Satu lagi, jasa yang diberikan oleh seorang bidan ini termasuk banyak di Prancis, dari konsultasi kehamilan setiap bulannya, kursus persiapan persalinan selama 3 hari (materi di dalamnya termasuk teknik pernafasan, beberapa posisi yoga untuk optimisasi posisi janin, posisi terbaik yang mendukung persalinan, prosedur setelah kelahiran, merawat bayi setelah melahirkan -ASI dan yang tidak memilih ASI, pijat perineum setelah melahirkan, kunjungan ke rumah setelah melahirkan)

Profesi bidan ini saya sudah lama saya amati sejak pertama kali pindah ke Prancis (waktu itu masih di kota kecil, Bourges) maklum, eyang putriku bidan, saya pun lahir di tangan beliau. Jadi bagaimanapun profesi ini menempati tempt yang paling spesial di hati sejak saya kecil. Makanya sejak sebelum hamil pertama pun suara hati saya sudah memilih bidan untuk sahabat selama kehamilan dan untuk persalinan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s