[Ramadhan]: 80% is loading

Eid-Mubarak-FB-Covers-Photos-Banners-2015-10

Hari ke-25 Ramadhan. Makin terasa jauh dan berjarak dengan semua keriuhan dunia: teman, keluarga, makanan kesayangan mulut tapi sebenernya ngga dibutuhkan badan, protein hewani, sosial media, dan kebiasaan-kebiasaan lainnya yang lazim dan ‘dirasa’ perlu dilakukan di bulan ini. Yang ada hanyalah diri ini dan lagi-lagi sendiri. Agak sulit sebenarnya menjelaskan makna puasa tahun ini, semuanya terasa berbeda. Tapi yang jelas terasa adalah makna retreat yang rasanya gue alami. Selain membatasi makanan prosesan, manis dan protein hewani Ramadhan ini juga berarti ngga ada buka puasa bareng di resto A, baksos sama anak yatim, atau bukber sama temen kantor… Bener-bener buka puasa masak sendiri, sahur masak sendiri, menjalani puasa ini sendiri… Semua hanyalah tentang diri ini, sungguh sebuah perjalanan mengenal diri yang amat intens. Makanya tadi gue bilang maknanya kayak melakukan retreat, karena memang gue menarik diri dari semua yg biasa gue genggam, sedikit demi sedikit hiruk pikuknya diurai, makin kesini kesadarannya makin dilatih. Melihat hidup ini sebagai sesuatu yang realistis dari jam ke jam, hari ke hari semakin membuat gue bergerak dalam slow motion, mengamati tiap rasa yang muncul tanpa menghakiminya sungguh sebuah pe er kehidupan yang takkan pernah selesai. Jadi, disinilah aku sekarang, mengamati apa yang datang dengan kesadaran penuh, tanpa ilusi, tanpa justifikasi, hanya sadar dan duduk bersamanya

Leave a Reply

